Universitas Sampoerna Kurikulum Internasional di Indonesia: Untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa

Pendidikan merupakan jembatan untuk pengembangan pribadi dan profesional, serta memainkan peran penting di dalam pembentukan masa depan su...


Pendidikan merupakan jembatan untuk pengembangan pribadi dan profesional, serta memainkan peran penting di dalam pembentukan masa depan suatu bangsa. Dengan tantangan arus globalisasi yang menjadikan pendidikan semakin penting untuk memiliki standar internasional. Akan tetapi ada kecenderungan yang berkembang di banyak negara, termasuk di Indonesia. Dalam proses untuk mengadopsi kurikulum internasional di lembaga pendidikan. Mereka harus mengintegrasikan kurikulum internasional ke dalam sistem pendidikan di Indonesia agar dapat menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa mahasiswa wajib dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan agar dapat berhasil di dalam dunia yang semakin mengglobal.

 

Salah satu universitas swasta di Indonesia yang menganut adopsi kurikulum internasional adalah Universitas Sampoerna. Universitas ini telah mengadopsi kurikulum internasional yang mengintegrasikan dengan perspektif dan pendekatan global di dalam proses belajar dan mengajar. Selain tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman internasional. Universitas Sampoerna juga merancang lingkungan kampus yang berstandar internasional. Pendekatan ini telah membantu mahasiswa Sampoerna University untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia global dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Selain itu, universitas memberikan mahasiswa kesempatan untuk dapat terlibat di dalam pengalaman lintas budaya, yang dapat membantu mereka dalam memperluas perspektif mereka, kemampuan beradaptasi dan meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia global.

 

Adopsi kurikulum internasional ini memiliki dampak yang sangat besar pada hasil belajar mahasiswa dan prestasi akademik. Penelitian telah menunjukkan bahwa mahasiswa yang terpapar kurikulum internasional cenderung tampil lebih baik secara akademis dibandingkan rekan mereka yang tidak (Cannon, 2000). Integrasi kurikulum internasional di dalam sistem pendidikan di Indonesia juga telah membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih beragam dan inklusif, di mana mahasiswa memiliki gagasan dan perspektif yang lebih luas (Ledger, Vidovich, & O'Donoghue, 2014). Penilitian ini dapat memungkinkan mahasiswa untuk dapat mengembangkan pemahaman mereka menjadi lebih luas tentang dunia global dan untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang mereka perlukan untuk berhasil di dunia global.

 

Salah satu manfaat utama di dalam penerapan kurikulum internasional adalah pengembangan kompetensi kerja. Integrasi kurikulum internasional dalam sistem pendidikan Indonesia juga telah membantu mahasiswa memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil di dunia kerja global. Hal ini sangat penting di karenakan meningkatnya permintaan akan pekerja dengan kompetensi lintas budaya dan lintas fungsi di lingkungan kerja global yang berubah dengan cepat saat ini. Selain itu, kurikulum internasional seringkali menekankan di dalam pengembangan berfikir kritis, pemecahan masalah, dan pelatihan kepemimpinan. Di karenakan hal tersebut dapat menjadi kunci penting untuk sukses di dunia kerja global yang berubah dengan cepat saat ini.

 

Namun dari manfaat penerapan kurikulum internasional di Indonesia, ternyata masih ada tantangan yang perlu diatasi. Salah satu tantangan utamanya yaitu akibat implementasi dari integrasi kurikulum internasional ke dalam sistem pendidikan yang ada yang kurang tepat (Sutrisno, 2019). Namun agar penerapan kurikulum internasional berhasil, maka sangat penting untuk mengintegrasikannya dengan benar dan tepat ke dalam sistem pendidikan yang sudah ada dan guru akan dilatih tentang bagaimana cara menerapkan kurikulum baru secara efektif. Selain itu, perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian tentang bagaimana dampak dari kurikulum internasional terhadap hasil belajar dan prestasi akademik mahasiswa di Indonesia.

 

Oleh karena itu, penerapan kurikulum internasional di dalam sistem pendidikan di Indonesia, khususnya di Universitas Sampoerna, berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Integrasi kurikulum internasional ke dalam sistem pendidikan yang ada dapat membantu mahasiswa memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang dunia kerja global. Kurikulum tersebut juga penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh mahasiswa untuk berhasil dalam dunia kerja global. Namun, masih ada kebutuhan untuk menjawab tantangan dengan melakukan implementasi integrasi kurikulum internasional ke dalam sistem pendidikan yang ada dengan tepat, serta diperlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai dampak kurikulum internasional terhadap hasil belajar mahasiswa dan prestasi akademik.

Referensi:

Cannon, R. (2000). The Outcomes of an International Education for Indonesian Graduates: The third place? In Higher Education Research & Development (Vol. 19, Issue 3, pp. 357–379). Informa UK Limited. https://doi.org/10.1080/758484349

Ledger, S., Vidovich, L., & O’Donoghue, T. (2014). International and Remote Schooling: Global to Local Curriculum Policy Dynamics in Indonesia. In The Asia-Pacific Education Researcher (Vol. 24, Issue 4, pp. 695–703). Springer Science and Business Media LLC. https://doi.org/10.1007/s40299-014-0222-1

Sutrisno, A. (2019). Internationalization of Indonesian Higher Education: Recent Initiatives and their Problems. In International Higher Education (Issue 97, pp. 12–13). Boston College University Libraries. https://doi.org/10.6017/ihe.2019.97.10941

COMMENTS

Name

Articles,2,Event,3,Exhibitions,5,Galleries,2,Magazine,2,Performance,9,
ltr
item
Visualgrip Magazine: Universitas Sampoerna Kurikulum Internasional di Indonesia: Untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa
Universitas Sampoerna Kurikulum Internasional di Indonesia: Untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa
https://i.ytimg.com/vi/7Wf-659h3ZY/hqdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/7Wf-659h3ZY/default.jpg
Visualgrip Magazine
https://visualgripmag.blogspot.com/2023/02/kurikulum-internasional-di-indonesia.html
https://visualgripmag.blogspot.com/
https://visualgripmag.blogspot.com/
https://visualgripmag.blogspot.com/2023/02/kurikulum-internasional-di-indonesia.html
true
7921805182977332263
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy