Sampoerna University adalah universitas swasta yang terakreditasi dengan standar nasional dan internasional , yang berlokasi di Jakarta S...
Sampoerna University adalah universitas swasta yang terakreditasi dengan standar nasional dan internasional, yang berlokasi di Jakarta Selatan, Indonesia. Sampoerna University telah mengukir namanya di sektor pendidikan dengan mengadopsi kurikulum internasional dengan tujuan untuk memberikan mahasiswa akses dengan biaya lebih terjangkau untuk pendidikan kelas dunia. Sampoerna University juga berhasil mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi internasional seperti tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin Universitas Sampoerna yang mendapatkan penghargaan top paper untuk kategori proses manufaktur di Asia Pacific Conference on Manufacturing Systems dan International Manufacturing Engineering Conference (APCOMS-IMEC 2022). Selain itu, dalam Asean University Games ke-20, anggota dari mahasiswa Sampoerna University juga meraih empat medali di cabang olahraga renang.
Ini telah menjadi bukti nyata dan luar biasa untuk mempersiapkan para mahasiswanya untuk dapat berkompetisi global di dunia kerja. Kurikulum pendidikan internasional yang ditawarkan oleh Sampoerna University menjadi bekal bagi para mahasiswanya dengan keterampilan dan pengetahuan yang berdaya saing di kancah internasional. Esai ini akan mengkaji tentang bagaimana kurikulum internasional di Sampoerna University dapat berpengaruh terhadap kompetensi kerja lulusannya dan bagaimana hal tersebut dapat membantu mereka untuk bersaing di ekonomi global.
Menurut studi Bhandari dan Vitasmoro (2021), pemberi kerja pada saat sekarang ini semakin mencari karyawan yang memiliki pengalaman internasional dan memiliki perspektif yang global. Hal tersebut di karenakan bahwa pendidikan internasional memainkan peran penting dalam mengembangkan keterampilan kerja dan mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di industri global. Sampoerna University menyadari bahwa kebutuhan pada saat sekarang ini dan telah menerapkan kurikulum internasional untuk bekal mahasiswa dengan perspektif global dan pengalaman internasional. Ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman tentang industri global untuk mengembangkan keterampilan komunikasi antar budaya dalam segi bahasa, dan skill yang diperlukan untuk berhasil di dunia kerja Internasional.
Kurikulum Internasional di Sampoerna University juga membekali mahasiswa dengan dasar yang kuat dalam praktik bisnis, ekonomi, dan manajemen. Ini memberikan mahasiswa pendidikan yang lengkap untuk persiapan mereka dalam menjalani perjalanan karir di ekonomi global. Selain itu, mahasiswa didorong untuk berpartisipasi di dalam pertukaran mahasiswa Internasional dan pengalaman magang atau kerja praktek Internasional. Agar selanjutnya dapat meningkatkan pengalaman dan kompetensi kerja Internasional. Dengan pengalaman-pengalaman mahasiswa memiliki bekal keterampilan dan pengetahuan yang dapat mereka gunakan dan terapkan di dalam perjalanan karir mereka baik itu nasional dan Internasional.
Dibalik dari semua itu, banyak tantangan bermunculan. Menurut Sutrisno (2019), internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia bukannya tanpa kesulitan. Akan tetapi salah satu tantangannya adalah memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pendidikan yang relevan secara global dan sekaligus bermakna secara lokal. Di Sampoerna University, kurikulum internasional tersebut dirancang untuk mencapai keseimbangan antara dua pertimbangan ini, dengan memastikan bahwa mahasiswa menerima pendidikan yang berkualitas serta relevan dengan ekonomi global, akan tetapi juga relevan dengan konteks lokal di Indonesia.
Kurikulum internasional di Sampoerna University juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan bahasa mereka dengan optimal. Kemampuan ini berguna untuk dapat berkomunikasi secara efektif di dalam lingkungan kerja Internasional. Dengan menguasai berbagai bahasa, mahasiswa memiliki aset yang berharga dalam bersaing di ekonomi global. Hal ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan dapat beradaptasi di lingkungan kerja global dengan mudah.
Kesimpulannya, penerapan kurikulum internasional Sampoerna University telah terbukti menjadi aset yang berharga di dalam mencetak dan mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi persaingan di ekonomi global. Universitas memberikan mahasiswa pendidikan yang menekankan kepada perspektif global, pengalaman Internasional dan keterampilan komunikasi antarbudaya. Kurikulum internasional juga memberikan mahasiswa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil di dalam dunia kerja global, dan universitas memberikan pembelajaran bahasa agar meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang dari bangsa dan budaya yang berbeda. Secara keseluruhan, komitmen Sampoerna University terhadap pendidikan internasional menjadikannya pemimpin dalam mempersiapkan generasi yang dapat sukses di dalam menghadapi ekonomi global.
Referensi:
l Bhandari, R., & Vitasmoro, P. (2021). Employability and International Experience: Indonesian Students perceptions. In Proceedings of the 1st Universitas Kuningan International Conference on Social Science, Environment and Technology, UNiSET 2020, 12 December 2020, Kuningan, West Java, Indonesia. Proceedings of the 1st Universitas Kuningan International Conference on Social Science, Environment and Technology, UNiSET 2020, 12 December 2020, Kuningan, West Java, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.12-12-2020.2304963
l Cannon, R. (2000). The Outcomes of an International Education for Indonesian Graduates: The third place? In Higher Education Research & Development (Vol. 19, Issue 3, pp. 357–379). Informa UK Limited. https://doi.org/10.1080/758484349
l Ledger, S., Vidovich, L., & O’Donoghue, T. (2014). International and Remote Schooling: Global to Local Curriculum Policy Dynamics in Indonesia. In The Asia-Pacific Education Researcher (Vol. 24, Issue 4, pp. 695–703). Springer Science and Business Media LLC. https://doi.org/10.1007/s40299-014-0222-1
l Setiawan, W. V., Fattah, A. M., & Puspitaningrum, A. (2019). The Challenges of Student in Indonesia after College Graduates with Career Choice Start: Evidence from Ten Private Universities in Jakarta. In The Winners (Vol. 20, Issue 2, p. 61). Universitas Bina Nusantara. https://doi.org/10.21512/tw.v20i2.5674
l Sutrisno, A. (2019). Internationalization of Indonesian Higher Education: Recent Initiatives and their Problems. In International Higher Education (Issue 97, pp. 12–13). Boston College University Libraries. https://doi.org/10.6017/ihe.2019.97.10941
COMMENTS